Sejarah Olahraga Mountain Bike

Apakah anda mengetahui tentang sejarah dari olahraga Mountain Bike ? Jika anda merupakan seorang Mountain Biker (pengendara sepeda gunung), pastinya sudah mengetahui sejarah dan bahkan asal usul olahraga Mountain Bike ini tanpa perlu saya jelaskan lagi. Namun, bagaimana jika anda bukanlah seorang mountain biker ? Pastinya tidak tahu bukan ? Oleh karena itu, maka akan saya jelaskan secara rinci dan tentunya lengkap.

Diketahui bahwa beberapa tokoh-tokoh penting dalam dunia olahraga seperti Joe Breeze, Gary Fisher, Charlie Cunningham, Keith Bontrager dan Tom Ritchey merupakan orang-orang yang pertama kali menciptakan olahraga mountain bike pada tahun 1970 silam. Setelah diciptakan, mereka pun mencari salah satu tempat untuk dijadikan sebagai sasaran utama bagi pengujian olahraga Mountain Bike ini. Dan sasaran tempat utama mereka adalah salah satu gunung yang terletak di negara Amerika Serikat yakni Gunung Tamalpais atau yang biasa dikenal sebagai Mount Tamalpais.

Sebelum memulai aksinya, mereka pun menjelajahi segala lintasan yang terdapat pada gunung Mount Tamalpais terlebih dahulu. Caranya, mereka menempatkan semua sepeda gunung mereka yang telah dilengkapi dengan modifikasi rem coaster ke atas truk pengangkut. Dan usai sampai di puncak tertinggi dari gunung tersebut, mereka pun langsung meluncur melingsir bukit atau yang biasa dikenal sebagai Downhill. Namun salah satu resiko yang dapat terjadi jika memasang rem coaster pada sepeda gunung, yakni dapat mengakibatkan sepeda gunung tersebut menjadi panas dan sehingga mereka pun harus berhenti sejenak untuk melumuri pelumas pada badan sepeda gunung tersebut sebelum memutuskan untuk menuruni jalur berikutnya.

Seiring berkembangnya jaman dan teknologi, rem coaster ini pun turut tergesar dengan kehadiran dari rem cantilever, dimana lebih berkualitas dengan tingkat keringanan serta tingkat kekuatannya jika dibandingkan dengan rem coaster. Dan untuk sekarang ini, para mountain biker(pengendara sepeda gunung) pun tidak mengikuti cara pencipta sepeda gunung ini yakni mengangkut sepeda mereka ke puncak gunung, melainkan mereka dengan berani langsung mendaki gunung tersebut dengan sepeda mereka dan ketika sudah sampai pada puncak tertinggi gunung tersebut, mereka pun memulai aksi membahayakan dengan menuruni gunung tersebut dan bahkan dilengkapi dengan kecepatan yang super.

Popularitas dari jenis olahraga ini pun kian hari kian menarik minat dari seluruh kalangan masyarakat untuk bergabung dalam jenis olahraga ekstrim ini. Oleh karena tingkat perkembangan dan popularitasnya yang cukup tinggi, produsen sepeda gunung diseluruh dunia ini pun kian hari semakin bertambah, namun produsen yang paling banyak dicari masyarakat adalah yang dapat mengabulkan segala permintaan dari para konsumennya.

Dan oleh karena itu pula, sejumlah produsen pun bersaing secara ketat untuk menciptakan sepeda gunung dengan kualitas terbaik dan tentunya tidak ada tandingannya, yakni membabarkan teknologi khusus yang akan dilengkapkan pada sepeda gunung tersebut. Harga yang dibandrol terhadap sepeda gunung berteknologi mutakhir ini pun terbilang cukup mahal.

Meskipun diserbai dengan segala harga bervariasi mulai dari murah hingga mahal, akan tetapi jika mountain biker (pengendara sepeda gunung) tidak merawat dengan baik sepeda mereka, maka akhirnya sepeda tersebut juga akan mengalami kerusakan dan menjadi barang rongsokan.

Pada umumnya memang terdapat beragam cara untuk merawat sepeda gunung dan semua cara itu pun harus anda tetapkan jika tidak ingin sepeda gunung anda menjadi barang rongsokan yang rusak. Nah, bagi anda yang belum mengerti bagaimana cara untuk merawat sepeda gunung dengan baik dan benar, maka akan saya jelaskan sedikit mengenai cara perawatan sepeda Mountain Bike yang baik dan benar, sebagai berikut :

• Yang harus anda lakukan pada tahap pertama adalah lakukan pelepasan terhadap segala aksesoris yang melekat pada sepeda gunung anda diantara lain seperti lampu, spedometer, ban depan serta ban belakang. Seusai semuanya telah dilepas, maka anda diwajibkan untuk membersihkan segala aksesoris ringan yang terdapat pada sepeda gunung anda diantara lain seperti rantai, gir, pedal dan RD(Rear Derailluer). Sedangkan untuk cara pembersihannya pun terbilang cukup mudah dan sederhana yakni menyikat segala aksesoris ringan tersebut sampai benar-benar bersih dan mengkilap dan tentunya media yang digunakan sebagai alat pembersih pun tidak susah untuk ditemukan karena hanya menggunakan air sabun.

• Tahapan berikutnya, anda harus membersihkan bagian bawah dari frame sepeda gunung anda. Cara membersihkannya cukup mudah yakni menggunakan sehelai kain basah yang sudah dilumuri dengan air sabun. Gosoklah frame sepeda gunung anda dengan menggunakan kain air sabun tersebut secara merata hingga benar-benar terlihat bersih dan kinclong.

Usai semuanya telah dicuci dengan bersih, maka pasanglah kembali semua aksesoris yang tadinya dilepas pada sepeda gunung anda. Dan jika anda termasuk dalam kategori pemula atau belum berpengalaman dalam hal ini, dijamin akan mengalami sedikit kendala ketika proses pemasangan tersebut. Maka oleh karena itu, sebaiknya anda menemui seorang ahli yang dapat membantu anda dalam melakukan proses pemasangan serta meneliti apakah segala pemasangan aksesoris pada sepeda gunung tersebut telah benar dan tepat pada tempatnya. Kenapa ? Karena jika segala aksesoris tersebut dipasang dengan tidak benar, maka resiko yang akan anda tanggung cukuplah besar yakni mengalami kecelakaaan fatal saat mengendarai sepeda gunung tersebut.

• Tahap terakhir yang harus anda lakukan setelah pemasangan aksesoris adalah memberikan pelumas pada beberapa bagian penting dari sepeda gunung anda diantara lain seperti rantai, shifter, as tengah ban depan, as tengah ban belakang dan pedal. Satu yang hal yang perlu anda garisbawahi yaitu jangan sesekali memberikan pelumas bekas pada sepeda gunung anda dan tentunya harus pelumas yang baru dan berkualitas, karena kualitas yang terdapat pada sepeda gunung sama sekali tidak sama dengan sepeda-sepeda berjenis santai yang kerap anda jumpain di jalanan raya.

Jadi kira-kira begitulah sedikit rincian tentang sejarah olahraga mountain bike yang dapat saya suguhkan kepada anda. Semoga artikel ini dapat membantu anda yang merupakan seorang pengendara sepeda gunung ataupun bagi yang sama sekali tidak mengerti apa itu olahraga sepeda gunung. Sekian dan Terimakasih.